Kerdilnya Ekonomi Indonesia

Oleh: Vyana

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI) definisi dari kata kerdil adalah tidak berkembang dan tidak maju. Kerdilnya ekonomi Indonesia adalah tidak berkembangnya pertumbuhan ekonomi Indonesia. Ini dapat dilihat darii fakta- fakta yang terjadi di setiap tahunnya.
Menurut Dewan Penasihat Gabungan Pengusaha Nasional Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (Gapasdap) Bambang Haryo Soekartono, dalam keterangan tertulisnya, Senin, 10 Februari 2020. Bambang menjelaskan, berdasarkan Badan Pusat Statistik, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2019 hanya 5,02 persen, jauh di bawah target 5,3 persen dan lebih rendah dibandingkan dengan realisasi tahun sebelumnya 5,17 persen.( vivanews.com, 10/2/2020)

Dikutip dari detik.com(4/4/2019), Ekonom Universitas Indonesia, Fithra Faisal Hastiadi mengatakan, angka 5 % pada pertumbuhan ekonomi Indonesia merupakan angka yang natural saja terjadi. Artinya, tanpa perlu campur tangan pemerintah pun angka bisa dicapai. Dengan kata lain, keberadaan pemerintah tak banyak berdampak pada perekonomian nasional. Sehingga menurutnya, pemerintah harusnya bisa bekerja lebih keras mendongkrak perekonomian RI.

Dengan adanya fakta tersebut, pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak mengalami kemajuan, malah semakin terpuruk. Seharusnya dari hal tersebut semakin membuat pemerintah sadar bahwa terdapat kesalahan sistemik di dalam sistem perekonomian Indonesia, yaitu perekonomian kapitalisme.
Sistem perekonomian kapitalisme yang berlandaskan sekularisme dan liberalisme. Menjadikan penguasa bekerja sama dengan pemilik modal besar . Pemilik modal inilah yang mengelola bahkan menguasai Sumber Daya Alam (SDA ) yang dimiliki oleh Indonesia. Dari kerja sama tersebut , melahirkan kebijakan- kebijakan yang menyengsarakan rakyat. Kemiskinan terus bertambah, hutang Indonesia terus menggunung. Dan masih banyak lagi masalah- masalah yang ditimbulkan dari carut- marut sistem perekonomian kapitalisme.

Padahal semua aspek yang dimiliki Indonesia (SDA) justru menunjukkan bahwa Indonesia tidak perlu mengalami stagnansi ekonomi bila ada perubahan kebijakan, jika Islam dijadikan sebagai solusi . Dengan sistem ekonomi islam yang dijalankan oleh pemerintah yang meriayah umat. Akan menjadikan pemerintahan adil dan makmur. Hanya dengan penerapan sistem islam secara kaffah di seluruh aspek kehidupan manusialah yang menjadikan negara ini sejahtera.

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Islam Menjaga Generasi dari Bullying

Read Next

Mengejutkan Anak Usia Dini Membunuh Bocah 6 Tahun Terinspirasi dari Film

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *