Jadi Trendsetter Syar’i? Ok Juga!

Oleh: Yuyun Suminah
Komunitas Karimah (Kajian Remaja Muslimah) Cikampek-Karawang

Gaes, ada yang tau apa itu trendsetter? Pasti udah gak asingkan dengan istilah tersebut, apalagi buat kamu yang selalu update di dunia mode. So, Trendsetter adalah Segala sesuatu yang menjadi pusat perhatian serta diikuti banyak orang. Wih… keren ya!

Tapi trandsettrernya seperti apa dulu, Intinya segala gerak gerik kamu jadi pusat perhatian dan banyak yang ngikutin. Pastinya yang membawa kebaikan bukan sebaliknya. Apakah kita memilih jadi trandsetter kemaksiatan atau kebaikan? Ketika memilih jadi trandsetter kemaksiatan misal pacaran sudah pasti mendatangkan dosa. Ya, gaya pacaran zaman sekarang cukup menyayat hati selalu berakhir dengan tragis yaitu hamil diluar nikah dan pembunuhan bayi. Miris!

Seperti kasus yang terjadi di daerah Tenggarong dengan teganya membunuh darah dagingnya sendiri dengan alasan belum siap nikah dan belum siap punya anak. (Okenews.com 28/07/19). Sebenarnya kasus tersebut terjadi bukan sekali itu saja tapi sering. Seperti mata rantai yang tidak ada ujungnya sulit untuk dihentikan.

Ketika memilih jadi trandsetter kebaikan maka pahala balasannya. Kita akan jadi pusat kebaikan bagi orang lain, meniru gaya berpakain kita, cara bicara, bertingkahlaku dll. Wah… bisa jadi amal jariah yang tak putus-putus. Eits… jangan lupa luruskan niat kita semata karena Allah ya.

Maka dari itu, yuk jadikan diri kita sebagai trensetter syar’i, memviralkan simbol-simbol keislaman seperti cara berpakain bagi seorang perempuan yaitu menutup aurat sebagai simbol ketaatan kita kepadaNya. Nah.. seperti apa ya cara jadi trandsetter syar’i dalam berpakaian yang sesuai Alquran, yuk kita simak lets goo!!!

1. Memakai Jilbab
Jilbab atau yang kita kenal gamis sudah menjadi pakaian paten alias wajib bagi seorang perempuan, gamisnya yang tidak tipis, menerawang, jangan membentuk lekuk tubuh dan harus longgar.

“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu’min: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Al Ahzab: 59).
Firman Allah tersebut berlaku bagi anak-anak, isterimu dan isteri kaum mu’min, mau cuaca panas menyengat tak lantas jadi gugur kewajibannya ya.

2. Memakai Kerudung
Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menjulurkan khimar kedadanya…” (QS. An Nuur: 31)

Khimar atau kerudung ini juga wajib ya gaes, standar berkerudung dalam Islam dari atas rambut sampai menutupi dada, gak perlu deh tutorial-tutorial segala simple saja longgar gak perlu tusuk sini tusuk sana hehe…

3. No Tabarruj
“Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu ber-tabarruj seperti orang-orang jahiliyyah pertama.” (QS. Al Ahzab : 33).
Tabarruj adalah perilaku wanita yang menampakkan perhiasan dan kecantikannya serta segala sesuatu yang mestinya ditutup karena hal itu dapat menggoda kaum lelaki.

Cara kita menutup aurat, bergamis dan berkerudung juga perlu cermat ya gaes, jangan sampai gamis yang kita pakai bisa mengalihkan pandangan laki-laki “ngejreng”, terus kerudung yang dipakai juga jangan terlalu mencolok sampai banyak asesoris sana sini.

Boleh ko, gamis dan kerudung kita bercorak dan berwarna atau ngikutin trend asal sesuaikan saja dengan standar yang sudah Allah buat ya. Semoga tips tersebut bisa menjadikan diri kita pusat transetter syar’i yang bisa membawa wasilah kebaikan bagi orang lain. Wallahu’alam. [om]

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Ancaman Pembersihan Etnis di Kashmir

Read Next

Tak Berdaya Mengelola Negara, Rakyat Jadi Objek Pemerasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *